KETUA STIKOM


Yuhano, M.Kom.

IP CAMERA, STIKOM IKUTI PERKEMBANGAN JAMAN

IP Camera atau Network Camera adalah sebuah kamera digital yang memiliki alamat Internet (Internet Protokol) dan fitur istimewa yang tidak dimiliki oleh kamera CCTV standart. Artikel ini akan membahas kelebihan-kelebihan IP Camera dibandingkan dengan CCTV Camera.

PERBEDAAN IP CAMERA DENGAN ANALOG CCTV

CCTV atau singkatan dari Close Circuit TeleVision adalah analog. camera, sedangkan IP Camera adalah digital camera. Implikasinya sebuah IP Camera bisa langsung dihubungkan ke komputer dan internet. CCTV camera tidak bisa, untuk itu perlu alat yang dinamakan DVR. Digital Video Recorder ini berfungsi untuk merubah sistem analog menjadi sistem digital.

IP Camera memiliki software internal (Video Analytics) untuk menganalisa hasil kamera yang diangkapnya. Sedangkan pada kamera CCTV, fungsi ini dikerjakan oleh DVR. Inilah salah satu perbedaan DVR murah dengan DVR yang mahal. DVR mahal pada umumnya canggih dan memiliki banyak fitur, seperti zoom, motion detection, flow counting, PTZ, multiplex, simultaneously playback,  auto dialer,  alarm, cms  dan lainnya.

Singkatnya, IP Camera adalah Single Smart Camera sedangkan CCTV Camera adalah General Camera yang hanya bisa menangkap gambar saja (jika tidak dikombinasikan dengan DVR).

Sebelum membeli DVR.

KELEBIHAN - KELEBIHAN IP CAMERA

1. SMART ZOOM

IP Camera secara otomatis akan melakukan zoom jika ada gerakan atau melewati "area" yang sudah kita tentukan. Dan akan kembali ke sudut pandang semula jika IP Camera tidak mendeteksi adanya gerakan.

Fitur ini membuat kita melihat sebuah kejadian lebih detail dan lebih jelas. Selain itu,  dengansmart zoom kita bisa mengurangi jumlah kamera yang dibutuhkan untuk melakukan pengawasan jarak jauh dan jarak dekat.

Smart Zoom & Face Detection

2. FACE DETECTION

Fungsinya seperti smart zoom, namun lebih canggih karena bisa membedakan "obyek" gerakan tersebut. Jika seorang manusia, maka IP Camera akan melakukan zoom tepat ke wajah orang tadi dan mengikuti gerakannya ! Sebaliknya, jika ternyata obyek tadi sebagai seekor anjing, maka IP Camera tidak akan melakukan zoom dan tracking.

3. AUTO TRACKING

IP Camera Avtech memiliki keistimewaan pada fitur auto trackingnya, smooth and smart ! Obyek yang ditangkapnya akan selalu ditempatkan di tengah - tengah kamera dan mampu mengikuti kecepatan gerakannya. Yang lebih luar bisa lagi, semua area yang tertangkap kamera, sekalipun di sudut paling pojok akan menjadi area auto tracking.

4. SMART LIGHT CONTROL

Teknologi CDS Sensor dan Image Comparison yang dimiliki IP Camera Avtech ini mengatasi masalah pencahayaan minim hingga gelap. Fitur Smart Light Control membuat hasil kamera tetap tajam, jelas dan tidak kehilangan detail (overexposure).

Smart Light Control

5. IR SHIFT/MECHANICAL IR FILTER

Infra Red CCTV Camera biasanya kurang tajam dan kurang jelas pada siang hari. IP Camera Avtech yang menggunakan teknologi Mechanical IR Filter ini akan menampilkan gambar yang cerah dan tajam pada kondisi pencahayaan tinggi.


JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut tanggapan Anda tentang kunjungan ICT ke Singapore yang diadakan setiap tahunnya oleh STIKOM PolTek Cirebon ?
Sangat Bagus
Bagus
Luar Biasa
Bermanfaat
Sangat Bermanfaat

HASIL POLLING
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 103110 kali